Minggu, 12 Agustus 2012

KIAT-KIAT YANG HARUS KITA LAKUKAN DI SAAT AYAM SAKIT PARAH

Haduww,,ayam jagoanku mati lagi deh soalnya kena berak hijau, berak putih, dan pilek. Saya mengetahui ayam tersebut sakit pada Kamis sore wkt memberi makan. Tapi saya kira itu cm sakit biasa dan tak segera saya beri obat. Eh,,,jumat pagi sudah lesu dan nafsu mkn berkurang. Ini adalah kecerobohan saya karena menganggap bahwa pnyakit itu biasa saja sehingga saya melakukan pengobatan sudah terlambat. Saya beri obat berak hijau sempat pulih beberapa jam tp mungkin karena virusnya terlalu ganas dan penanganan yg terlambat menjadikan antibodi ayam saya menurun drastis. Alhasil baru saja setelah sahur tadi saya kontrol sudah mati kaku dengan muka membiru. Bagi para peternak saya ingin share mengenai hal apa yg harus anda lakukan ketika ayam anda sakit. Berikut ulasannya :
1. Lakukan Pengobatan Sesegera Mungkin Ketika Anda Curiga Ayam Anda Tidak Sehat (JGN SAMPAI TERLAMBAT).
2. Lakukan Pengobatan Sesuai Aturan/Dosis Yang Tertera Pada Obat.
3. Setelah Anda Obati Lakukan Pengawasan Apa Obat Tersebut Memberikan Pengaruh Yang Baik Terhadap Ayam Atau Tidak. Jika Tidak, Lakukanlah Pemberian Makan Pada Ayam Dengan Cara Menyuapinya Apabila Ayam Tidak Mau Makan Sendiri.
4. Ketika  Di Beri Obat dan Penyuapan Makanan Ayam Tidak Menandakan Membaik, Maka Anda Mau Tidak Mau Harus Melakukan Penyembelihan Agar Virus/Penyakit Tidak Menular Pada Ayam-Ayam Lainnya Yang Masih Sehat.
5. Lakukanlah Desinfeksi Pada Seluruh Areal Perkandangan Ayam Anda Guna Meminimalisir Bibit-Bibit Penyakit Berkembang di Farm Anda.

Mungkin sekian yg dapat saya tulis, semoga yang sedikit dari saya ini dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi anda semua yg membacanya. Amien....

"Barang Siapa Yang Ingin Mengcopy Atau Menyalin Isi Artikel  Ini Baik Secara Keseluruhan Maupun Tidak, Maka WAJIB Menyebutkan Sumbernya Yaitu : rumah.unggas@gmail.com Atau rumah_unggas@yahoo.com. Terima kasih......"   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bagi siapapun yang ingin sharing tentang unggas (ayam kampung dan ayam kalkun pada khususnya) dgn senang hati rumah unggas akan meresponnya selama komentar menggunakan bahasa yg sopan dan bersifat membangun. Terima kasih telah berkunjung di rumah unggas.....